Dari Warnet Jadi Pengusaha Internet Service Provider Kelas Dunia

Banyak cara seseorang menuju kesuksesan, salah satunya bisa berawal dari sebuah hobi. Seperti yang diawali Sudianto Oei atau yang akrab disapa Apin. Hobinya bermain game online membuat Apin bisa membangun sebuah warung internet, tak cuma satu melainkan tiga warung internet berhasil ia bangun secara bertahap, padahal jika diukur dari usianya kala itu yang masih duduk di bangku SMA tentu membuat banyak orang tidak percaya terhadap kemajuan usahanya.

Namun dalam menjalankan usaha warnet, Apin kerap terkendala lemahnya sinyal internet serta gangguan jaringan internet, sehingga membuat jumlah pengunjung warnetnya menurun. Karena itu Apin mencoba mencari solusi dengan menanyakan kepada teman-teman sesame pengusaha warnet di sekitarnya, ternyata masalah yang sama pun dialami oleh teman-temannya.

Tak puas sampai disitu Apin mencoba mengganti provider internet dari yang sudah kenamaan ke pelaku local, ternyata , masalah pun masih saja tetap sama. Putus asa hamper dialami Apin kala itu hingga ia sempat ingin menutup usahanya karena semakin besar pengeluaran dari pada pemasukan. Ditengah mencari solusi terhadap permasalahan yang ada, muncul ide Apin untuk membangun internet service provider sendiri. “Selain itu dorongan dari teman-teman yang meminta saya mencoba untuk membangun internet service provider sendiri menjadi amunisi tambahan saya,” ucapnya.

Internet service provider (ISP). Guna memperlancar niatnya membangun ISP sendiri, Apin terlebih dahulu mencari tahu tentang seluk beluk usaha ini. Salah satunya dengan menanyakan kepada teman yang telah pengalaman bekerja disalah satu perusahaan Internet Service Provider local. Dari perbincangan tersebut, Apin memutuskan untuk memulai usahanya dengan bermodalkan uang Rp 40 juta. Bersama dengan teman yang mengerti seputar ISP, Apin mulai merintis usaha ISP dengan mengambil lokasi di Kota Bogor, Jawa Barat. “Kenapa di Kota Bogor, karena kita belum bisa market kota besar seperti Jakarta,” ujarnya.

Tak lama sejak didirikan, pada 2008 izin dari pemerintah pun diraih HyperNet sebagai perusahaan ISP resmi. Sejak saat itulah HyperNet di bawah komando Apin terus menunjukkan perubahan dan kemajuan. Berbagai event skala nasional dan internasional telah didukung oleh HyperNet, antara lain official internet partner Konferensi APEC 2012 di Surabaya, hingga full Coverage seluruh area Gelora Bung Karno pada pertandingan sepak bola Inter Milan, Chelsea, serta Liverpool saat melakukan kunjungan ke Indonesia yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi Apih.
Comments

Tidak ada komentar:

Designed by vnBloggertheme.com | Copyright © 2013 Tabloid Wirausaha Kreatif